Sunday, December 16, 2012

What's pop?? It's KPOP!!


Baiklah, enaknya kali ini kita bahas apa ya? Soal musik kayanya enak.
Oke, disini gue emang enggak bisa bahas musik secara keseluruhan tapi gimana kalo gue bahas sebuah genre musik yang sedang fenomenal dan lagi banyak digandrungi oleh remaja-remaja, tek terkecuali di Indonesia ini. Termasuk gue J Yupp, KPOP!! Disini gue mau sharing tentang K-Pop dari mulai definisi, dampak, sampe kita bahas alasan orang kenapa mau suka dan bertahan untuk tetap menyukainya.

Oke, Check this out!


Kpop yaitu singkatan dari Korean Pop. Sebuah genre music yang berasal dari Negeri Ginseng ini memang sedang digandrungi banget sama para remaja. Korean pop ini terkenal karena jenis musiknya yang terbilang easy listening banget, dan kebanyakan musiknya tuh energic yang untuk sebagian banyak orang mampu meningkatkan semangatnya. Kpop itu sendiri cukup wow karena paras dan body para K-idols nya itu fantastic banget.

 Buat para K-Idols yang laki-laki itu, mereka punya paras yang sangat tampan dan tubuh yang atletis dan keren. Untuk K-Idols yang perempuan juga enggak kalah wow-nya. Itu terbukti dengan banyak banget girlband yang para personilnya didandani seperti boneka barbie. Walau memang tidak dipungkiri bahwa tidak sedikit K-Idols yang melakukan oprasi bedah plastic. Kan, Korea memang terkenal dengan teknologi bedah plastik yang hasilnya amazing dan rapi banget.

Bukan K-Pop namanya kalau hanya mengandalkan parasnya yang tampan dan cantik juga body yang aduhai tanpa disertai dengan kemampuan yang awesome. K-Pop yang makin terkenal juga karena dance-nya yang memukau. Dari yang ribet sampai yang simple, hard sampai yang easy, ada semuanya. Dan tarian-tarian energik itulah yang membuat kpop makin dikenal. Tidak hanya dalam soal dance, tapi mereka juga memiliki suara emas yang patut diperhitungkan. Saat mendengar lagu ballad(lagu slow/mellow) asal Korea, walau sebenarnya tidak mengetahui artinya, tidak sedikit orang yang dibuat merinding seolah mengerti makna dari lagu tersebut.

Semua itu dikemas secara rapi dan elegan dalam K-Pop. Dan itu semua didapatkan bukanlah dengan cara yang istan, tapi melalui sebuah proses yang dibilang lama. Training atau proses pelatihan selama beberapa tahun atau bahkan bertahun-tahunlah yang menghasilkan K-Idols yang seperti bidadari/dewa dengan sejuta bakat didalamnya. Biasanya, sebuah management artis selalu melakukan open audisi setiap tahunnya untuk menyaring calon-calon artis yang berkualitas. Dalam audisi itu pula, para peserta audisi dilihat dari beberapa aspek seperti dalam bidang olah vocal, dance skill, acting, modeling, hingga attitude. Bagi para peserta yang lolos audisi, mereka tidak langsung menjadi seorang artis atau tergabung menjadi sebuah idolgroup. Mereka akan menjadi training atau mendapatkan pelatihan berkaitan dengan bakat yang sudah mulai terlihat saat audisi atau mungkin pelatihan di segala aspek. Setelah sekian lama atau dirasa cukup siap untuk debut, barulah trainee melakukan debuting-nya sebagai K-Idols yang akan mengguncang dunia J

Selanjutnya, Kpop tidak hanya memiliki jenis musik yang asik untuk nge-dance. Kpop juga punya jenis musik yang rapping gitu yang enak buat didengerin dan gak kalah asik sama gaya rapping western. Selain itu, kpop juga punya lagu ballad yang suaranya merdu dan enak banget banget buat dipake galau(?) karena bisa buat tetang atau malah makin tambah galau walau hanya untuk beberapa orang. Nah, biasanya, dari jenis-jenis musik tertentu juga punya spesialis-spesialisnya masing-masing. Walau gak banyak yang bisa rangkap karena memang punya bakat yang sayang untuk didiamkan.

K-Pop booming karena adanya idolgroup atau girlband dan boyband. Dalam sebuah idolgroup, walau mereka sama-sama memiliki skill vocal, dance, dan wajah yang enggak bisa diremehkan tapi dari setiap personil ada posisi masing-masing. Atara lain, leader, vocal, dancer, dan visual. Kita bahas posisi personil di next article aja ya, guys?! Hehe
Tapi, selain Idolgroup Korea yang udah kesohor bagus seperti Super Junior, Bigbang, SNSD, 2NE1, 2PM, WonderGirls, EXO dan kawan-kawannya, Band, soloist, dan ballad groupnya enggak kalah keren loh! Contoh band keren asal korea ada CN Blue dan Ft. Island. Soloistnya juga ada IU, Aliee, K.Will, Kangta, dll. Untuk balladgroupnya, K-Pop punya Davichi, 2AM, SM The Ballad, dan masih banyak lagi KPOP Idols yang keren-keren banget.

Selebihnya ada di article selanjutnya yaJ
"Copy-paste sertain credit please :)"

No comments :